PRACTICAL ENGLISH
READING COMPREHENSION
Soal – soal reading comprehension sangat mendominasi pada Ujian Naisonal 2008. Dalam menyelesaikan soal – soal reading comprehension, para siswa sering merasa grogi, takut dan juga malas sebelum memulai mengerjakannya dikarenakan akan terbentur oleh penguasaan vocabulary yang sedikit sedangkan biasanya teks yang ada sangat panjang. sehingga tidak dapat berkonsentrasi akibatnya banyak membuat kesalahan yang merugikan diri sendiri. Untuk menghindari hal tersebut, perlu diperhatikan langkah – langkah sebagai berikut:
1. Teks yang panjang tidak perlu dibaca semua, tetapi pahami saja inti dari bacaan tersebut melalui judul atau kalimat pertama pada paragraph pertama.
2. Setelah itu pahami pertanyaan – pertanyaannya (tidak termasuk alternatif jawabannya) sebelum membaca wacana. Tentukan kata / kalimat kunci / informasi – informasi penting yang ditanyakan pada setiap pertanyaan
3. Yakin bahwa semua jawaban atas pertanyaan –pertanyaan tersebut terdapat dalam text.
4. Bacalah kalimat per kalimat dalam teks dengan tidak perlu memahami / mengartikan setiap kata namun hanya menghubungkannya dengan kata kunci / informasi penting yang ada dalam pertanyaan. Beri tanda akan informasi –informasi yang berhubungan dengan pertanyaan (yang telah dibaca terlebih dahulu) dengan cara menggarisbawahi informasi tersebut dan kalau perlu diberi nomor sesuai dengan nomor soal.
5. Tidak merasa panik apabila terdapat kata – kata sulit yang belum diketahuhi makananya, teruskan membaca text dan tebak makna kata sulit tersebut.
6. Perhatikan bila dalam text mendapati kata ganti (pronoun) karena kata – kata ini pasti memberikan penjelasan pada kelimat sebelumnya.
Example : Nowadays, people become busier and busier. Sometimes they have to do some important businesses in many towns at the same day.
Kata ganti they pada kalimat diatas menggantikan/refers to kata people.
Note: Pertanyaan – pertanyaan yang sering di tanyakan pada soal – soal reading comprehension:
Ø - What is the main idea of the text/paragraph one/two …?.(apa ide/pokok pikiran utama pada text/paragraph?)
- The text is about? (text tersebut membicarakan tentang)
v Ide/pokok pikiran utama dalam text kemungkinan besar terdapat pada kalimat pertama pada setiap paragraph.
Ø “it/they/he (kata ganti)” in the line/paragraph…. Refers to …(“it/they/he (kata ganti)” pada baris/paragraph … menggantikan apa/siapa)
v Jawabannya kemungkinan besar adalah yang posisinya sebagai “Subjek” pada kalimat sebelumnya
Ø Pertanyaan – pertanyaan yang berhubungan dengan penguasaan vocabulary, seperti:
- Synonym (persamaan kata)
- Antonym/opposite (lawan kata)
- The underlined/italic word mean? (kata yang bergasrisbawah/dicetak miring berarti?)
v Kalau tidak mengetahui arti dari vocabulary yang dimaksud, kamu akan merasa kesulitan dalam mencari jawaban, tapi cobalah menebak arti kata sulit tersebut sesuai dengan kenteks kalimat yang ada pada bacaan.
Ø Which of the following statements is NOT TRUE according to the text? (manakah pernyataan – pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan isi text)
v Yang pertama kali dilakukan dalam menjawab pertanyaan seperti di atas dengan cara memahami pernyataan – pernyataan yang terdapat dalam pilihan ganda terlebih dahulu kemudian baca text kembali.
Ø What is the purpose of the text? (Tujuan dibuatnya teks)
v Teks narrative (dongeng/cerita khayalan) -> to entertain the reader (untuk menghibur pembaca)
v Teks recount (menceritakan peristiwa lampau) -> to retell the story (menceritakan kembali pengalaman pribadi / kejadian di masa lalu)
v Teks descriptive (deskripsi) -> describing a particular and special thing (mendeskripsikan / menggambarkan sesuatu secara khusus)
v Teks report (laporan) -> Describing something in general (mendeskripsikan / menggambarkan sesuatu secara umum / luas)
v Teks procedure -> To inform something, explain how to use / make something (menjelaskan tata cara menggunakan / membuat suatu hal)
Questions:
1. No. 11,12,13 and 14/UN/2005
Read the following text and answer questions 11 to 14.
The Crisye concert was great. It was held last Sunday in
11. The singer in the concert sang very …
a. satisfyingly c. proudly
b. b. beautifully d. happily
12. What is the main idea of the text above?
a. The Chrisye concert was last Sunday
b. The concert was in the Convention Hall
c. The orchestra was wonderful
d. The Chrisye concert was great
13. How many singers were there in the concert?
a. Two b. Three c. Four d. Five
14. “Erwin conducted excellently”
What is the synonym of the underlined word above?
a. Dominated b. Directed c. Included d. Concluded
2. No. 22, 23, 24 dan 25/UN/2006
Read the letter bellow to answer question 22 to 25.
|
22. What is the text about?
a. Andy’s work in
b. Travelling in
23. What will Andy do at the end of this tour?
a. Visit the Opera House c. Start to work in
b. See the Olympic Stadium d. Climb up the
24. Based on the text, which statements is NOT True?
a.
b. Andy really loves his tour in
c. The travelling to
d. It’s discouraging to work everyday in
25. “
The underlined word means …
a. beautiful b. clean c. good d. nice
3. No. 31, 32 dan 33/UN/2007
|
31. What does the last thing we do in making Epe bananas?
a. Peel a bund of bananas c. Roast the bananas
b. Flatten the bananas d. Make sauce of Epe banana.
32. Who much white sugar do we need to make Epe banana?
a. 10 grams c. 1 kilogram
b. 50 grams d. 2 kilograms
33. “Flatten them with a special wooden clamp”
The underlined word means …
a. fry c. cook
b. cook d. steam
4. No. 10, 11, 12 dan 12/UN/2008/A
|
10. What is the text about?
a. a violinist c. a pianist
b. a musician d. an artist
11. Vanessa plays violin …
a. badly c. classically
b. carefully d. wonderfully
12. From the text we know that people …
a. in the world are interested in all violinist
b. Like to listen to Vanessa’s playing violin
c. are eager to play violin with Vanessa
d. play the violin well in concert
13. “…, but she now lives in
The word “stepfather” means a male who’s married to …
a. one’s aunt c. one’s mother
b. one’s sister d. one’s daughter
Tidak ada komentar:
Posting Komentar